Senin, 26 November 2018

KUIS MATKUL PNFI


KUIS
DisusununtukMemenuhiTugas Mata KuliahStrategidanMetode Program PNFI
Dosenpengampu: DidikKurniawan, M.Pd




Oleh
Ine S Insani
NPM :162103012






JURUSAN PENDIDIKAN MASYARAKAT
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKMALAYA
2018


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat, karunia serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan KUIS ini.
KuisinidibuatuntukmemenuhisalahsatutugasmatakuliahStrategidanMetode Program PNFI. Dalammenyelesaikan resumeini, penulisbanyakmenerimabantuandariberbagaipihak. Olehkarenaitu, penulismenyampaikanucapanterimakasihkepada:
1.        BapakDidikKurniawan, M.PdsebagaidosenmatakuliahStrategidanMetode Program PNFI, yang telahmemberikanarahandantujuandalampembuatan resumeini;
2.        Kedua orang tuapenulisuntukdoadanmotivasidanmendukungdalampembuatan resumeini;
3.        Rekan-rekanPendidikanMasyarakat 2016 yang telahmemberikandukungandalampembuatan resumeini.
Penulismenyadaribahwamasihterdapatkekurangandanketerbatasaandalamtugasini. Olehkarenaitu, penulismengharapkan saran dankritikdaripembaca demi memperbaikijawabankuisinidalampenulisan lain dikemudianharidansemogakuisinidapatbermanfaatbagikitasemua. Sekiandanterimakasih.              

Tasikmalaya, 06 April 2018


Penulis,
1.      Jelaskan  dengan uraian yang  rasional dan sesuai dengan pertanyaan sebagai berikut:
A.    Mengapa diperlukan strategi dalam program PNFI dan bagaimana agar berjalan efektif dan efisien ?.
Dalam program PNFI diperlukanstrategikarenauntukmelakukansuatucara-caraataurencanatindakan yang akandilakukanuntukmencapaisuatutujuantertentudalam program PNFI. Strategijugamerupakanpendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi suatu aktivitas yang dijalankan selama kurun waktu tertentu. Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif
B.     Mengapa diperlukan metode dalam program PNFI dan bagaimana agar berjalan efektif dan efisien?.
Dalam program PNFI tentunya sangat diperlukan metode karena metode merupakancara atau jalan yang ditempuh. Metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan. Dan suatu proses atau cara sistematis yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dengan efisiensi, biasanya dalam urutan langkah-langkah tetap yang teratur. Agar metodedalam program PNFI iniberjalandenganefektifdanefisienadalahdengancaramenerapkanmetode yang cocokdanbisadipakaidalam program PNFI tersebut. Contohnya : Program PNFI yakni Seminar LansiaSehatdenganmenggunakanmetodeceramah.
2.      Rancanglah sebuah program PNFI  yang sekarang aktual dan sesuai kebutuhan  dengan menggunakan strategi dan metode program PNFI baik bagi peserta didik maupun warga belajar  yang dibutuhkan di era milenial dengan segmentasi:
a.       PAUD
Program “Sempoa Merapi Tuna” (Sempoa untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Anak).
Strategi yang digunakanadalahstrategididaktis.Strategiinitentangcara-caramengajarsecaraumum.Istilahiniumunyadigunakandalampendidikan formal dandigunakandalamkontekspengajaran (teaching) disekolah.Strategididaktisdigunakandalampendidikanluarsekolahterutamauntuktujuanpembentukandanpenguasaanpengetahuan.
b.      Kepemudaan
Program “CAMPALA” (CreativitasAnakMudaPecintaAlam)
Strategi yang digunakanadalahstrategifasilitatifinimenempatkanpendidiksebagaifasilitatoratauseseorang yang bertugasmembantupesertadidikbelajar.Strategiinidigunakanuntukmenumbuhkankesadaranpadadiripesertadidikpadasebuahkebutuhanbelajartertentu, menghadapkanpesertadidikpadasebuahpersoalan yang menuntuksolusi, sertamemberikanpengalamankepadapesertadidikdanmengajakuntukmerenungkannya.
c.       Pemberdayaan Perempuan
Program “MeningkatkanEkonomiJandaMelaluiKerajinanTangan”
Strategi yang digunakanadalahstrategieksperensial yang berbasispengalamandenganmaksudmemperkayapesertadidikdenganberbagaipengalaman yang relevandengankebutuhanbelajarnya.
d.      Kesetaraan
Program “MeningkatkanNilaiReligiusAnakJalananMelalui Taman Baca Al-Qura’an)
Strategi yang digunakanstrategipartisipatifuntukmengikutsertakanpesertadidikdalamkeseluruhantahapankegiatanpembelajaran yang terdiridaritahapperencanaan, tahappelaksanaan, dantahappenilaian.
e.       LKP
Program “MeningkatkanKinerjaKaryawanMelaluiKursusdanPelatihanKomputer”
Strategi yang digunakanstrategipartisipatifuntukmengikutsertakanpesertadidikdalamkeseluruhantahapankegiatanpembelajaran yang terdiridaritahapperencanaan, tahappelaksanaan, dantahappenilaian.

3.      Apa yang anda ketahui tentang istilah di bawah ini:
A.    Social Work (Pekerjaan Sosial) merupakan kegiatan profesional untuk membantu individu-individu, kelompok-kelompok dan masyarakat guna meningkatkan atau memperbaiki kemampuan mereka dalam berfungsi sosial serta menciptakan kondisi masyarakat yang memungkinkan mereka mencapai tujuan (Charles Zastrow). Social Work bertujuanuntukmeningkatkanataumemulihkaninteraksisecaratimbalbalikantaraindividudenganmasyarakatnya agar terciptakehidupan yang berkualitastinggi (Dean H. Hepworth dan Jo Ann Larsen). Social Worker Profesional (PekerjaSosialProfesional) haruslahseseorang yang memilikikompetensiprofesionaldalambidangPekerjaanSosial yang diperolehmelaluipendidikan formal baiktingkat SLTA yaituSekolahMenengahPekerjaanSosialmaupunpendidikantingginegeriatauswasta di dalammaupunluarnegeridalambidangKesejahteraanSosial/PekerjaanSosial.
B.     Social Volunteer/Relawan Sosial adalah seseorang dan/atau kelompok masyarakat, baik yang berlatar belakang pekerjaan sosial maupun bukan berlatar belakang pekerjaan sosial, tetapi melaksanakan kegiatan penyelenggaraan di bidang sosial bukan di instansi sosial pemerintah atas kehendak sendiri dengan atau tanpa imbalan.” (Pasal 1 Angka 5 UU Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial).Meskipun sifatnya suka rela tidak berarti bahwa seorang relawan tidak memperoleh imbalan apa pun. Imbalannya berupa manfaat yang sangat banyak, bahkan bisa melebihi nilai material yang bisa diperhitungan.Seperti, memperkuatempati social, mengenaldirisendiridansekitar, membangunrelasidanjaringan social, menambahpengetahuandanketerampilan, kesempatanmenjelajahdanperjalanan, danjugabisamendapatkanuangsaku.
C.     Social Enterpreneur atau biasa disebut pengusaha sosial merupakan wirausaha yang didasari oleh kesadaran seseorang terhadap kondisi lingkungan sekitar yang dirasa memprihatinkan terutama dari segi perekonomian. Social enterpreneur tidak memprioritaskan laba yang besar seperti bisnis kebanyakan. Social enterpreneur lebih fokus kepada bagaimana caranya mengembangkan suatu masyarakat dengan cara atau metode enterpreneurship.Para pengusaha sosial bukan orang yang berorientasi pada hasil. Mereka memahami bahwa berkontribusi pada ranah sosial memang bukan hal yang bisa dilakukan secara instan melainkan membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Hasil yang terlihatpun bukan berupa keuntungan secara materi tetapi bagaimana suatu masyarakat benar-benar dapat merasakan efek positif dari wirausaha yang mereka geluti.
4.      Apa program PNFI yang menjadi special interest (minat khusus) bagi anda? Jelaskan mengapa anda memilihnya?.
Program PNFI yang menjadispecial interest(minatkhusus) bagisayaadalah program pendidikananakjalanan.Karenakebanyakananakjalananmerupakananak-anak yang berasaldarikeluarga yang kurangmampu yang menjadisalahsatualasanmerekauntukmencarinafkah.Pendidikan formal mungkintidakmenjadipilihan, namunbukankahpendidikandapatdilakukanmelaluijalur informal dimanapendidikan informal dilaksanakanmelaluijalurpendidikankeluargadanlingkungan yang berbentukkegiatanbelajarsecaramandiri di luarsekolah.Mengenaiseberapapentingpendidikanuntukanakjalananitudiperlukan, makakitaharusmengetahuitujuan yang harusdicapaiolehpendidikanitusendiri.Tujuandaripendidikanbukanlahpengetahuanmelainkanaksi yang terwujududalamperilakusesorang.Lingkunganpendidikandiharapkandapatmerubahperilakuseseorangapabilaperilaku-perilaku yang tidakdiinginkandarianakjalanandapatdirubahmakaitumerupakansatulangkahuntukmengubahkehidupanmereka.Tidaksedikitanakjalanan yang berprilaku negative sepertiseksbebas, mabuk, dan lain sebagainya.Perilakutersebuttidakseharusnyamunculmengingatusiamereka yang tergolongmasihdibawahumur. Olehkarenaitu, marilahkitamelatihdirikitauntukpekaakankeadaananakjalanandisekitarkitadanmembantusebisakita agar anakjalananbisamendapatkanpendidikansebagaimanapendidikananak-anak yang lain. Perlukitaingatbahwasatulangkahkecilmerupakanawaldariperubahanbesar.
5.      Apa sumbangsih teoris dan praktis mata kuliah ini bagi PLS pada khususnya, dan dunia Pendidikan pada umumnya?.
Secarateorismatakuliahinimemberikanpelajarantentangbagaimanamerancangsebuah program denganstrategi yang cocokdanbaikuntuk program tersebut. Dan selainstrategi, adametodeuntukcaradanjalan yang akanditempuh. Sehinggabagimahasiswa PLS iniakanmudahmelakukanmerancangsebuah program yang baikuntukmasyarakat. Karenasudahdiajarakanbagaimanmerancangsebuah program denganstartegi, metode, jugapendeketan-pendekatanpembelajaranuntuk program PLS.Secarapraktisjugamemberikanpraktikbagaimancaramelaksanakan program yangakandibuat. Dan mendapatkanpengalamanuntukbekalpadasaatbekerjanantinya.Jugamembuatsuatulaporan yang terperincidanapasaja yang akandikerjakansaatnantididunianyatadalammelakukan program tersebut.
Dan padaPendidikanpadaumumnya, matakuliahinidapatmenambahdanmengembangkanpotensiilmupengetahuan.Serta terbiasadenganperencanaa yang disesuaikandengankemampuansendiri. Dan jugadapatmencapaikepuasanjikadapatmencapaihasilbelajarsesuaidengan target yang telah ditetapkan.

0 komentar:

Posting Komentar