DisusununtukMemenuhiTugas
Mata KuliahStrategidanMetode Program PNFI
Dosenpengampu: DidikKurniawan, M.Pd
Oleh
Ine S Insani
NPM :162103012
JURUSAN PENDIDIKAN
MASYARAKAT
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKMALAYA
2018
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah swt yang telah
memberikan rahmat, karunia serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga penulis
dapat menyelesaikan KUIS ini.
KuisinidibuatuntukmemenuhisalahsatutugasmatakuliahStrategidanMetode
Program PNFI. Dalammenyelesaikan resumeini,
penulisbanyakmenerimabantuandariberbagaipihak. Olehkarenaitu,
penulismenyampaikanucapanterimakasihkepada:
1.
BapakDidikKurniawan,
M.PdsebagaidosenmatakuliahStrategidanMetode Program PNFI, yang
telahmemberikanarahandantujuandalampembuatan resumeini;
2.
Kedua orang
tuapenulisuntukdoadanmotivasidanmendukungdalampembuatan resumeini;
3.
Rekan-rekanPendidikanMasyarakat
2016 yang telahmemberikandukungandalampembuatan resumeini.
Penulismenyadaribahwamasihterdapatkekurangandanketerbatasaandalamtugasini.
Olehkarenaitu, penulismengharapkan saran dankritikdaripembaca demi
memperbaikijawabankuisinidalampenulisan lain dikemudianharidansemogakuisinidapatbermanfaatbagikitasemua.
Sekiandanterimakasih.
Tasikmalaya, 06 April 2018
Penulis,
1. Jelaskan dengan uraian yang rasional dan sesuai dengan pertanyaan sebagai
berikut:
A. Mengapa
diperlukan strategi dalam program PNFI dan bagaimana agar berjalan efektif dan
efisien ?.
Dalam program
PNFI diperlukanstrategikarenauntukmelakukansuatucara-caraataurencanatindakan
yang akandilakukanuntukmencapaisuatutujuantertentudalam program PNFI. Strategijugamerupakanpendekatan
secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan
eksekusi suatu aktivitas yang dijalankan selama kurun waktu tertentu. Di dalam strategi yang baik terdapat
koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang
sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam
pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.
B. Mengapa
diperlukan metode dalam program PNFI dan bagaimana agar berjalan efektif dan
efisien?.
Dalam program PNFI tentunya sangat diperlukan
metode karena metode merupakancara atau jalan yang ditempuh. Metode menyangkut masalah cara kerja
untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran yang bersangkutan. Fungsi
metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan. Dan suatu proses atau cara sistematis
yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dengan efisiensi, biasanya dalam
urutan langkah-langkah tetap yang teratur. Agar metodedalam program PNFI
iniberjalandenganefektifdanefisienadalahdengancaramenerapkanmetode yang
cocokdanbisadipakaidalam program PNFI tersebut. Contohnya : Program PNFI yakni
Seminar LansiaSehatdenganmenggunakanmetodeceramah.
2. Rancanglah
sebuah program PNFI yang sekarang aktual
dan sesuai kebutuhan dengan menggunakan
strategi dan metode program PNFI baik bagi peserta didik maupun warga
belajar yang dibutuhkan di era milenial
dengan segmentasi:
a. PAUD
Program “Sempoa Merapi Tuna” (Sempoa untuk Meningkatkan
Keterampilan Berhitung Anak).
Strategi yang
digunakanadalahstrategididaktis.Strategiinitentangcara-caramengajarsecaraumum.Istilahiniumunyadigunakandalampendidikan
formal dandigunakandalamkontekspengajaran (teaching)
disekolah.Strategididaktisdigunakandalampendidikanluarsekolahterutamauntuktujuanpembentukandanpenguasaanpengetahuan.
b. Kepemudaan
Program “CAMPALA”
(CreativitasAnakMudaPecintaAlam)
Strategi yang
digunakanadalahstrategifasilitatifinimenempatkanpendidiksebagaifasilitatoratauseseorang
yang
bertugasmembantupesertadidikbelajar.Strategiinidigunakanuntukmenumbuhkankesadaranpadadiripesertadidikpadasebuahkebutuhanbelajartertentu,
menghadapkanpesertadidikpadasebuahpersoalan yang menuntuksolusi,
sertamemberikanpengalamankepadapesertadidikdanmengajakuntukmerenungkannya.
c. Pemberdayaan
Perempuan
Program “MeningkatkanEkonomiJandaMelaluiKerajinanTangan”
Strategi yang digunakanadalahstrategieksperensial
yang
berbasispengalamandenganmaksudmemperkayapesertadidikdenganberbagaipengalaman
yang relevandengankebutuhanbelajarnya.
d. Kesetaraan
Program “MeningkatkanNilaiReligiusAnakJalananMelalui
Taman Baca Al-Qura’an)
Strategi yang
digunakanstrategipartisipatifuntukmengikutsertakanpesertadidikdalamkeseluruhantahapankegiatanpembelajaran
yang terdiridaritahapperencanaan, tahappelaksanaan, dantahappenilaian.
e. LKP
Program “MeningkatkanKinerjaKaryawanMelaluiKursusdanPelatihanKomputer”
Strategi yang
digunakanstrategipartisipatifuntukmengikutsertakanpesertadidikdalamkeseluruhantahapankegiatanpembelajaran
yang terdiridaritahapperencanaan, tahappelaksanaan, dantahappenilaian.
3. Apa
yang anda ketahui tentang istilah di bawah ini:
A. Social
Work (Pekerjaan Sosial) merupakan kegiatan profesional untuk membantu
individu-individu, kelompok-kelompok dan masyarakat guna meningkatkan atau
memperbaiki kemampuan mereka dalam berfungsi sosial serta menciptakan kondisi
masyarakat yang memungkinkan mereka mencapai tujuan (Charles Zastrow). Social Work
bertujuanuntukmeningkatkanataumemulihkaninteraksisecaratimbalbalikantaraindividudenganmasyarakatnya
agar terciptakehidupan yang berkualitastinggi (Dean H. Hepworth dan Jo Ann
Larsen). Social Worker Profesional (PekerjaSosialProfesional) haruslahseseorang
yang memilikikompetensiprofesionaldalambidangPekerjaanSosial yang
diperolehmelaluipendidikan formal baiktingkat SLTA
yaituSekolahMenengahPekerjaanSosialmaupunpendidikantingginegeriatauswasta di
dalammaupunluarnegeridalambidangKesejahteraanSosial/PekerjaanSosial.
B. Social Volunteer/Relawan
Sosial adalah seseorang dan/atau kelompok masyarakat, baik yang berlatar
belakang pekerjaan sosial maupun bukan berlatar belakang pekerjaan sosial,
tetapi melaksanakan kegiatan penyelenggaraan di bidang sosial bukan di
instansi sosial pemerintah atas kehendak sendiri dengan atau tanpa imbalan.”
(Pasal 1 Angka 5 UU Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial).Meskipun sifatnya suka rela tidak
berarti bahwa seorang relawan tidak memperoleh imbalan apa pun. Imbalannya
berupa manfaat yang sangat banyak, bahkan bisa melebihi nilai material yang
bisa diperhitungan.Seperti, memperkuatempati social,
mengenaldirisendiridansekitar, membangunrelasidanjaringan social, menambahpengetahuandanketerampilan,
kesempatanmenjelajahdanperjalanan, danjugabisamendapatkanuangsaku.
C. Social
Enterpreneur atau biasa disebut pengusaha sosial merupakan wirausaha yang
didasari oleh kesadaran seseorang terhadap kondisi lingkungan sekitar yang
dirasa memprihatinkan terutama dari segi perekonomian. Social enterpreneur
tidak memprioritaskan laba yang besar seperti bisnis kebanyakan. Social
enterpreneur lebih fokus kepada bagaimana caranya mengembangkan suatu
masyarakat dengan cara atau metode enterpreneurship.Para pengusaha sosial bukan
orang yang berorientasi pada hasil. Mereka memahami bahwa berkontribusi pada
ranah sosial memang bukan hal yang bisa dilakukan secara instan melainkan
membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Hasil yang terlihatpun bukan berupa
keuntungan secara materi tetapi bagaimana suatu masyarakat benar-benar dapat
merasakan efek positif dari wirausaha yang mereka geluti.
4. Apa
program PNFI yang menjadi special
interest (minat khusus) bagi anda? Jelaskan mengapa anda memilihnya?.
Program PNFI yang menjadispecial interest(minatkhusus)
bagisayaadalah program pendidikananakjalanan.Karenakebanyakananakjalananmerupakananak-anak
yang berasaldarikeluarga yang kurangmampu yang
menjadisalahsatualasanmerekauntukmencarinafkah.Pendidikan formal
mungkintidakmenjadipilihan, namunbukankahpendidikandapatdilakukanmelaluijalur
informal dimanapendidikan informal
dilaksanakanmelaluijalurpendidikankeluargadanlingkungan yang
berbentukkegiatanbelajarsecaramandiri di luarsekolah.Mengenaiseberapapentingpendidikanuntukanakjalananitudiperlukan,
makakitaharusmengetahuitujuan yang
harusdicapaiolehpendidikanitusendiri.Tujuandaripendidikanbukanlahpengetahuanmelainkanaksi
yang
terwujududalamperilakusesorang.Lingkunganpendidikandiharapkandapatmerubahperilakuseseorangapabilaperilaku-perilaku
yang
tidakdiinginkandarianakjalanandapatdirubahmakaitumerupakansatulangkahuntukmengubahkehidupanmereka.Tidaksedikitanakjalanan
yang berprilaku negative sepertiseksbebas, mabuk, dan lain
sebagainya.Perilakutersebuttidakseharusnyamunculmengingatusiamereka yang
tergolongmasihdibawahumur. Olehkarenaitu,
marilahkitamelatihdirikitauntukpekaakankeadaananakjalanandisekitarkitadanmembantusebisakita
agar anakjalananbisamendapatkanpendidikansebagaimanapendidikananak-anak yang
lain. Perlukitaingatbahwasatulangkahkecilmerupakanawaldariperubahanbesar.
5. Apa
sumbangsih teoris dan praktis mata kuliah ini bagi PLS pada khususnya, dan
dunia Pendidikan pada umumnya?.
Secarateorismatakuliahinimemberikanpelajarantentangbagaimanamerancangsebuah
program denganstrategi yang cocokdanbaikuntuk program tersebut. Dan
selainstrategi, adametodeuntukcaradanjalan yang akanditempuh.
Sehinggabagimahasiswa PLS iniakanmudahmelakukanmerancangsebuah program yang
baikuntukmasyarakat. Karenasudahdiajarakanbagaimanmerancangsebuah program
denganstartegi, metode, jugapendeketan-pendekatanpembelajaranuntuk program PLS.Secarapraktisjugamemberikanpraktikbagaimancaramelaksanakan
program yangakandibuat. Dan
mendapatkanpengalamanuntukbekalpadasaatbekerjanantinya.Jugamembuatsuatulaporan
yang terperincidanapasaja yang
akandikerjakansaatnantididunianyatadalammelakukan program tersebut.
Dan
padaPendidikanpadaumumnya, matakuliahinidapatmenambahdanmengembangkanpotensiilmupengetahuan.Serta
terbiasadenganperencanaa yang disesuaikandengankemampuansendiri. Dan
jugadapatmencapaikepuasanjikadapatmencapaihasilbelajarsesuaidengan target yang
telah ditetapkan.
0 komentar:
Posting Komentar