Senin, 26 November 2018

Daftar Pemikir dan Pencetus Gerakan Pendidikan Luar Sekolah

DAFTAR PEMIKIR DAN PENCETUS GERAKAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH


Nama
Konsep dan Pemikiran yang Dikembangkan
Paulo Freire 1921-1997
Pendidikan luar sekolah adalah obat mujarab bagi seluruh penyakit pendidikan di masyarakat. Pemikiran dan konsep-konsepnya memberikan keleluasan kepada pendidikan luar sekolah untuk tumbuh dan berkembang dalam melayani masyarakat, dan sebagai alternatif di luar pendidikan formal. Konsep pemikiran yang paling terkenal dilahirkan Freire adalah tentang penyadaran, dikenal dengan istilah “conscientizatiori”. Konsep ini menggambarkan tentang penyadaran diri masyarakat terhadap lingkungannya, kesadaram diri menurutnya hanya bisa dilakukann melalui pendidikan “pembebasan”. Thinking about progressive practice. His pedagogy of the oppressed is currently one of the most qouted edcational texts.
Ivan Illich 1926-2002
Dischooling Society (1971), pemikirannya telah memberikan jalan bagi pembeharuan pendidikann khususnya terhadap perubahan belajar (learning revolution) di lingkungan masyarkat agar terjadi perubahan budaya. Salah   satu konsepnya tentang  jaringan belajar (creationof learning web) dapat dilakan melalui peer-matching system  (pengelompokan temann sejawat). Dengan konsep-konsepnya sehingga membangkitkan pemikiran untu melahirkan pendidikan yang lebih inovatif, kratif, partisipatif, dan demokratis.
UNESCO 1972
Dalam laporannya telah melahirkan gagasan tentang Learning To be, dimana konsepnya diambil dari pemahaman tentang lifelong learning dan learning society, sehingga lifelong learning menjadi master konsep dalam pengembangan sistem pendidikan dan khususnya pengembangan konsep pendidikan luar sekolah.
Philip Coombs dan Manzoor Ahmed (1974)
Pemikiran dan konsepnya telah melahirkan strategi-strategi baru dalam meningkatkan keterampilan dan pemahaman bagi masyarakat miskin di pedesaan dalam meningkatkan kehidupan (khusunya dalam bidang ekonomi). Konsep dasar pemikiran Coombs telah melahirkan konsep tentang pendidikan informal, nonforma, dan formla, yang sampai saat ini menjadi acuan utama para ahli pendidikan khusunya ahli pendidikan non formal. Salah satu buku yang terkenal berjudul Memberantas Kemiskinan melalui Pendidikan Nonformal. Juga beberapa tulisan lain yang berhubungan dengan peran pendidikan luar sekolah dimasyarakat.
Simkins (1976)
Tipe ideal pendidikan luar sekolah. Pemikiran Simkins melahirkan konsep ideal tentang bagaimana membangun dan menyiapkan pendidikan luar sekolah sesuai dengan kebutuhan warga belajar, mulai dari penyiapan kurikulum,tujuan pembelajaran, waktu, materi pembelajara, siste pembelajaran, dan kontrol. Disamping itu pula Simkins melahirkan tentang Negotiated Curriculum (Fleksibel Kurikulum) antara formal dan informal (continuum).
Suzanne Kindervatter (1983)
Proses pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan pendidikan. Suzanne melahirkan 4 pendekatan dalam pemberdayaan perempuan melalui pendidikan informal dan nonformal.
1.)    Community Organization, ialah karakteristik yangmengarah pada tujuan untuk mengaktifkan masyarakat dalam usaha meningkatkan dan mengubah keadaan sosial ekonomi mereka.
2.)    Self management and collaboration, yaitu pendekatan dengan sistem penyamarataan atau pembagian wewenang di dalam hubungan kerja atau di dalam kegiatan. Karena itu perlu ada struktur organisasi yang mendukung dan memperkecil adanya perbedaan status, serta perlu adanya pembagian peranan.
3.)    Participatory Approaches, yaitu pendekatan yang menenkankan pada keterlibatan setiap anggota (warga belajar) dalam keseluruhan kegiatan, perlunya melibatkan para pemimpin serta tenaga-tenaga ahli setempat.
4.)    Education for justice, yaitu pendekatan yang menekankan pada terciptanya situasi yang memungkinkan warga belajar tumbuh dan berkembang analisisnya serta memiliki motivasi untuk ikut berperan.
Coles, E.K.T (1988)
Menulis tentang Let the people learn, menjelaskan prinsip-prinsip belajar yang sesuai dengan kebutuhan hidup manusia, sehingga konsep-konsep belajarnya melahirkan tentang gagasan yang coock bagi pendidikan nonformal. Buku-bukunya banyak doterbitkan oleh University of Menchester, The centre for adult and higher education.

0 komentar:

Posting Komentar