Senin, 26 November 2018

KUIS MATKUL MASALAH SOSIAL DAN PEMBANGUNAN


1.      Target hidup saya dalam kurun 2 tahun ke depan, pertama-tama sekarang kan saya sudah tingkat 2 semester 3, kalau 2 tahun lagi sudah tingkat akhir. Mudah-mudahan saya lulus dan mendapatkan nilai yang memuasakan dan tidak mengecewakan. Selain itu, saya berharap sudah mempunyai penghasilan sendiri dengan wirausaha sendiri dari berbagai macam jualan seperti online shop.Saya ingin mulai merintis kembali usaha seperti itu, karena sebelumnya saya gagal.Dan sekarang ingin memulainya kembali, supaya bisa mengurangi beban biaya orang tua. Kemudian, diperkuliahan saya mengikuti ukm petanque, sejenis olahraga baru  yang tujuannya melempar bola bosi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Dan akhirnya saya menjadi perwakilan dari atlit kota tasikmalaya untuk mengikuti lomba petanque di kejurda bogor. Yang menjadi target saya sebelum lulus, saya ingin mengharumkan nama baik universitas siliwangi juga kota tasikmalaya, dan juga menjadi atlit nasional perwakilan dari jawabarat.
Target hidup saya dalam kurun 5 tahun kedepan, ketika saya sudah lulus s1 nanti. Saya ingin melanjutkan kuliah s2 saya di UNY atau diluar Jawa Barat.Dan saya berharap mendapatkan beasiswa kembali atau kuliah gratis. Setelah lulus s2 nanti, saya ingin menjadi lulusan terbaik dengan nilai yang sangat memuaskan. Kemudian, sudah mendapatkan banyak tawaran pekerjaan menjadi dosen di suatu universitas.Tetapi saya ingin, menjadi dosen di universitas siliwangi. Ketika sudah bekeja, saya ingin menikah dengan seseorang yang menerima saya apa adanya, yang sholeh dam bertanggung jawab.
Target hidup saya dalam kurun 10 tahun kedepan, saya sudah bisa memberi penghasilan kepada orangtua saya, saya ingin membalas jasa mereka yang sudah susah payah mencari nafkah buat menyekolahkan saya, meskipun itu tidak sebanding dengan perjuangannya, tetapi saya ingin memberi mereka kehidupan yang lebih layak dan menjadi kebanggaan buat orangtua saya, dan tidak lagi merepotkan mereka. Dengan penghasilan sendiri, saya ingin membeli kendaraan sendiri seperti mobil. Dan Dikarenakan dikampung halaman saya kurang paham akan teknologi seperti computer saya ingin membuka kursus computer supaya tidak ketinggalan zaman yang sudah modern ini.
Target hidup saya dalam kurun 20 tahun kedepan, saya sudah ingin mempunyai anak 2. Dan menjadi seorang ibu dan istri yang baik bagi anak dan suami saya  setelah itu, saya ingin naik haji bersama keluaga saya. Juga saya ingin melanjutkan usaha keluaga saya yaitu toko sembako.Dan membuka cabang di daerah-daerah lainnya.Setelah itu saya ingin membangun rumah di kampong halaman sendiri.Dan juga mempunyai tanah 2 hektar.
Target hidup saya dalam kurun 40 tahun kedepan, saya ingin mengutamakan kesehatan saya telebih dahulu, dan mengurangi aktifitas diluar.Tetapi usaha saya sendiri tetap berjalan dengan lancar dengan dilanjutkan oleh anak atau cucu saya sendiri.Dan juga hidup bahagia bersama anak dan cucu.
Target hidup saya dalam kurun 50 tahun kedepan, jika saya masih diberi umur yang panjang saya hanya ingin melihat anak saya sukses dan cucu saya menikag dan sukses juga .
2.      Sebagai mahasiswa yang sudah saya lakukan tekait tugas sebagai agent of change adalah dimulai dari ruang lingkup terkecil yaitu diri sendiri. Saya memulainya dai diri sendiri dengan merubah diri saya menjadi lebih baik terlebih dahulu dan mengarah kearah yang lebih positif baru terhadap hal yang lain, karena suatu perubahan itu tidak akan muncul sebelum kita sendiri yang melakukannya. Seperti saya selalu berpatisipasi dalam setiap acara dikampus, dan mengajak teman untuk mengikuti juga acara tersebut,supaya tidak bermalas-malasan. Hal tersebut juga merupakan agent perubahan bagi yang lain dengan mendorong orang lain supaya mempunyai kegiatan yang positif dan tidal bermalas-malasan.dan yang sudah saya lakukan sebagi agent perubahan yang juga harus mencegah agae sesuatu hal tidak terjadi yang mengancam pembangunan masyarakat seperti pada zaman modern ini budaya perilaku kebarat-baratan sudah mempengruhi perilaku remaja, saya sudah memilah dan menghindari perilaku yang berlebihan tersebut dan menolak yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.
Sebagai mahasiswa yang sudah saya lakukan terkait tugas sebagai control sosial yaitu mengikuti kegiatan lomba 17 agustusan. Kegiatan tersebut sekaligus untuk bersosialisasi dengan masyarakat, dan mengarahkan masyarakat supaya lebih berpatisipasi dalam kegiatan tersebut.
Sebagai mahasiswa yang sudah saya lakukan terkait tugas sebagai iron stock yaitu saya mengikuti berbagai orgnisasi dikampus, dan saya sudah belajar bertanggungjawab dan melatih kepemimpinan saya.sehingga ketika lulus nanti akan memiliki kemampuan memposisikan diri di dalam masyarakat.
3.      Buku yang berpengaruh dalam hidup saya adalah lascar pelangi.Karena buku itu menceritakan tentang kehidupan anak-anak dari desa terpencil yang memiliki semangat belajar yang sangat tinggi.Meskipun sekolah mereka yang sangat tidak memadaia bahkan akan segera ditutup karena kekurangan murid. Mereka tetap tidak menyerah, dan akhirnya sekolah mereka terselamatkan berkat seorang anak yang sepanjang masa bersekolah yang tak pernah mendapatkan rapot. Buku ini juga sangat menginspirasi saya, untuk lebih bersyukur atas kelebihan yang alla swt berikan karena masih banyak diluar sana yang ingin menuntut ilmu perlu perjuangan yang sangat berat .dan juga, lebih bersemangat lagi untuk belajar menuntut ilmu tanpa rasa menyerah. Buku ini juga memberi saya arti persahabatan, bahwa persahabatan dan solidaritas adalah kunci dalam mempertahankan persahabatan yang berkualitas.Dan juga mengandung arti bahwa mimpi dan cita-cita bisa dimiliki oleh siapa saja dan bisa diperjuangkan oleh siapa saja, tidak terkecuali anak-anak kampong dari desa terpencil yang miskin.
Tokoh yang berpengaruh dalam hidup saya adalah Raden ajeng kartini.Beliau sangat menginspirasi hidup saya, karena perjuangannya untuk memperjuangkan hak-hak wanita Indonesia dalam menempuh pendidikan.Beliau juga orang yang sederhana, mandiri, cerdas, pemberani dan optimis.Baginya, kaum wanita harus cerdas, karena merekalah sososk pertama yang mendidik anak-anaknya.Dan tentunys, pemikiran penting yang tak bisa dipisahkan darinya yaitu tentang emansipasi.Bahwa perempuan bisa berperan dalam kehidupan sosial secara lebih luas.Karena hal itu, saya selal dan terus ingin belaja dan menuntut ilmu karena pada halnya wanita juga bisa menjadi pemimpin, dan tidak selalu dibawah.
4.      Mimpi yang saya ingin wujudkan dalam pendidikan di Indonesia adalah saya ingin merubah sistem pendidikan Indonesia yang lebih mengutamakan nilai dari pada proses dan kejujuran. Jadi siswa selalu terobsesi terhadap nilai dari pada kejujuran. Mereka akan berusaha mendapatkan nilai yang besar walaupun dengan cara kotor atau mencontek.Jadi saya ingin mewujudkan sistem pendidikan Indonesia dengan lebih mengutamkan kejujuran dan menghargai setiap hasil atau nilai yang didapatkan.Karena nilai juga tidak akan menentukan kesuksesan dimasa depan. Mahalnya Biaya pendidikan juga sangat berpengaruh pada kesempetan memperoleh pendidikan.Apalagi orang yang ekonominya kurang, hal itu menyebabkan mereka putus sekolah.Jadi saya inginmewujudkan bebas biaya pendidikan kepada orang yang tidak mampu dan mendapatkan beasiswa sekaligus.Untuk kualitas guru juga saya ingin lebih ditingkatkan, dimana kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru ditentukan oleh kualitas guru yang bersangkutan.Dan dari segi penyebarannya, distribusi guru tidak merata, hal yang saya ingin wujudkan menyebarkan lulusan guru-guru ke daerah yang masih minim tenaga pengajarnya.Sehingga terciptanya pendidikan Indonesia yang menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan pendidik yang berkualitas juga.
5.      Urgensi dan manfaat mata kuliah masalah sosial dan pembangunan untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi didalam lingkungan masyarakat juga untuk membantu dalam mengenali, mempelajari, dan menyusun suatu alternative untuk memecahkan permasalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.Masalah sosial dan pembangunan juga sangat penting untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mempelajari gejala-gejala sosial yang ada agar daya tanggap, presepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat berjalan baik.Bukan hanya terkait dengan masalah sosial juga, tetapi untuk mengetahui permasalahan-permasalahan pembangunan seperti dalam bidang kependudukan, kependidikan, dan ketenagakerjaan yang secara langsung berhubungan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM).
Strategi untuk mencapainya, yang akan saya lakukan pertama adalah berusaha dan terus belajar tanpa rasa menyerah, berikhtiar dan terus berdoa,apapun hasilnya harus tetap slalu bersyukur. Menjadi pribadi yang terus berubah menjadi lebih baik lagi, berintropeksi diri atas kesalahan dan mengambil sisi positifnya. Berpendirian teguh ,konsisten atas apa yang diinginkan. Memperjelas tujuan saya dalam beberapa hari kedepan, dan menggambarkan dengan jelas dan tegas yang selalu saya tulis di dinding kamar saya untuk memperkuat alam bawah sadar saya yang scara pasti mengangkat moral dan mental meraih kesuksesan tersebut.Kemudian, membuat komitmen atau keberania membuat keputusan dan mengikuti hati nurani saya dalam mencapai target tersebut.Lalu, membuat perencanaan dari mulai tahap persiapan, perencanaam pelaksanaan, dan evaluasi hasil yang diraih.Dan segera bertindak tidak slalu menunggu kondisi yang tepat dan terus bergerak tidak berhenti sebelum waktunya.Juga memperhatikan setiaplangkah tidak dengan semena-mena.





0 komentar:

Posting Komentar